Toyota Prius Aman Libas Banjir

Bookmark and Share
Toyota Prius Aman Libas Banjir

detail berita
F: Toyota Prius lewati genangan air (Aditya M/Okezone)

KARAWANG – Masih banyak konsumen yang belum tahu seluk-beluk kendaraan hybrid, termasuk saat melibas banjir. Banyak yang takut motor listrik bisa korslet, saat melibas banjir.

Dalam acara Workshop Pengelan Teknologi Hybrid Toyota, Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan lima mobil Toyota Prius, dan satu unit untuk dipakai percobaan memasuki area yang digenangi air. Genangan airnya kurang lebih sekitar 80 cm, Prius generasi ketiga dicoba melewati genangan air dan berhenti tengah banjir.

Saat berada di dalam air, sistem kerja motor listrik pada Prius bisa dinonaktifkan. Sehingga mobil yang terendam air tersebut tidak akan korslet atau mengandung aliran listrik yang dapat membahayakan penumpang.

"Mobil hybrid itu akan aman jika melewati genangan air normal atau dibawah lubang knalpot. Ini sama pada mobil konvensional. Pada Prius, terdapat sistem pengamanan yang bekerja saat sistem hybrid terjadi short sirkuit atau tercebur dan terbakar," tukas Muhammad Adam, Training Teknis Departement Toyota Astra Motor (TAM) dalam acara Workshop Pengenalan Kendaraan Hybrid Toyota di Karawang, Kamis (8/3/2012).

Sambung Adam, kendaraan hybrid Toyota terutama Prius dan jenis lainnya memiliki standar keamanan yang tinggi dan dilengkapi dengan fitur yang modern, sehingga saat penumpang dan pengendara berada di dalam mobil itu tetap dapat merasakan kesenyapan dan kenyamanan berkendara dengan mobil hybrid.
(zwr)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment