General Motors Dapat Izin Kembangkan Pabrik di China

Bookmark and Share
General Motors Dapat Izin Kembangkan Pabrik di China

detail berita
F : Pabrik General Motor di China (Inautonews)

BEIJING – General Motors (GM) mengumumkan bahwa Pemerintah China telah menyetujui proposal pembuatan pabrik GM di China. Rencananya, pabrik tersebut berada di pusat kota Wuhan, yang dibangun dengan USD1,1 miliar.
 
Dengan investasi USD1,1 miliar, nantinya pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi 300.000 unit mobil dalam setiap tahunnya. Pembangunan pabrik tersebut akan berjalan secara berkesinambungan, guna meningkatkan kapasitas pabrik yang berada di China.
 
Penjualan GM di China pada 2011 lalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun, pada Januari lalu, mengalami penurunan delapan persen menjadi 246.654 dari tahun sebelumnya di periode yang sama. Namun, angka tersebut tetap berada di posisi teratas setelah Toyota.
 
Selain itu, penjualan GM di China didominasi oleh Chevrolet Volt. Saat ini Volt masih di ekspor langsung dari China dan untuk memangkas biaya produksi, pengembangan pabrik baru GM di China ini nantinya akan lebih fokus merakit Volt.
 
Lebih lanjut, jika rencana ini terlaksana, Volt ini dijual dengan harga USD19.000 atau setara Rp171 jutaan per unitnya. Harga ini ternyata akan mendapatkan subsidi dari pemerintah China.
 
“Jika rencana ini terlaksana, maka dalam satu atau dua tahun kedepan kami akan melakukan ekspor terlebih dahulu. Dan jika Volt mendapatkan respon yang baik dari masyarkat China, kami akan mendirikan pabriknya,” tandas CEO General Motors Dan Akerson.
(zwr)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment