Honda Stop Produksi Civic di Filipina, Genjot di Thailand

Bookmark and Share
Honda Stop Produksi Civic di Filipina, Genjot di Thailand

detail berita
F: Honda Civic (daylife)

MANILA – Honda Motor Company memutuskan menyetop produksi varian sedan Civic di Filipina. Langkah ini diambil Honda untuk meningkatkan efisiensi dan memusatkan produksi di Thailand, sebagai pusat produksi untuk Asia Tenggara.

Produsen asal Jepang ini punya pabrik perakitan di Filipina yang berlokasi di provinsi Filipina Laguna. Pabrik tersebut selain merakit Civic juga merakit varian Honda City. Aktivitas di pabrik ini sempat terhenti setelah bencana banjir yang melanda Thailand membuat terhambatnya pasokan komponen.

Baru pada 26 Januari lalu produksi varian Honda City kembali berjalan. Sementara itu, produksi Civic belum berjalan sampai saat ini. Stok Civic sendiri masih diimpor dari Jepang.

Pabrik Honda di Thailand baru akan digeber pada akhir Maret. Rencananya, Honda akan memusatkan produksi Civic di Thailand, untuk mengimpor ke negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Pabrik Filipina dapat memproduksi kendaraan mencapai 15 ribu unit per tahun. Pada 2010 lalu menghasilkan 9.000 unit City dan hampir 3.000 unit Civic. Tapi pada 2011, kekurangan stok komponen akibat banjir membuat produksi mengalami penurunan 6.300 unit untuk City dan 1.500 unit untuk Civic.

Honda mengambil keputusan untuk memindahkan produksi Civic ke Thailand dan hanya memproduksi City di Filipina.
(zwr)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment