Langkah Pengujian Emisi yang Dilewati Esemka

Bookmark and Share
Langkah Pengujian Emisi yang Dilewati Esemka

detail berita
F: Mesin Esemka (Azwar F/Okezone)

JAKARTA – Pagi ini, Senin (27/2/2012) tepatnya pukul 09:00 WIB Esemka mulai menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam pengujian emisi tersebut, Esemka harus melewati beberapa langkah yang telah ditentukan oleh BPPT. Seperti dijelaskan Prof. Dr. Ir Prawoto, selaku pengkaji uji emisi dari BTMP-BPPT, Esemka harus lolos uji emisi ga buang seperti DO, HC, NOX.
 
Tahapan pertama, Kiat Esemka akan masuk ke ruang uji emisi di BPPT, Serpong, Tangerang. Setelah itu, Esemka harus melakukan pendinginan mesin selama kurang lebih enam jam. Ini dimaksudkan agar suhu mesin dan pelumas menjadi normal kembali.
 
Setelah dilakukan pendinginan, barulah mobil hasil rakitan siswa SMK 2 Negeri Solo dan SMK Warga Surakarta ini melalui tahap pengujian utama, yang hanya memakan waktu selama 1.180 detik.
 
Usai pengujian utama, sebagai penentu dari hasil secara keseluruhan, Esemka akan menjalani penimbangan bobot kendaraan, jumlah keseluruhan kursi, serta berapa gas CO2 yang dihasilkan dari mesin dan bahan bakar apa yang harus digunakan Esemka.
 
Bila semua pengujian tersebut lancar, Esemka akan langsung mendapatkan hasil sertifikasi pengujian dari Dirjen Perhubungan Darat sebagai instansi yang memberikan izin kepada Esemka.
 
“Uji emisi adalah yang paling penting dan mobil harus memenuhi standar yang telah ditentukan pemerintah,”tandas, Prof. Dr. Ir Prawoto, saat dihubungi Okezone.
(zwr)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment