Jokowi: Esemka Tidak Ngemis Minta Uji Emisi

Bookmark and Share
Jokowi: Esemka Tidak Ngemis Minta Uji Emisi

detail berita
F: Joko Widodo dengan Esemka Rajawali (Genta Wahyu/Okezone)

SOLO – Mobil hasil rakitan siswa-siswa SMK 2 Solo dan SMK Warga Solo Kiat Esmeka Rajawali, akhirnya dibawa ke Jakarta, untuk menjalani proses uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), milik BPPT, Tangerang.

Sebelumnya, niatan Esemka untuk menjalani rangkaian pengujian, termasuk uji emisi mengalami kendala dan beberapa kali penundaan. Wali Kota Solo Joko Widodo sangat antusias dengan pengujian mobil yang akan menjadi kendaraan dinasnya sebagai Wali Kota Solo.

Jokowi menilai, semangat juang yang ditunjukan para siswa Solo ini, membuat perjalanan uji emisi ke Jakarta menjadi sangat berharga. Bahkan, Jokowi sampai melakukan ritual jamasan agar perjalanan Esemka ke Jakarta bisa lancar tanpa hambatan.

Politisi asal PDI Perjuangan ini menegaskan, keberangkatan Kiat Esemka Rajawali ini untuk menjalani uji emisi, bukan didasari atas belas kasihan atau mengiba pada pemerintah. Melainkan, Esemka ini memang pantas dilakukan uji emisi agar mendapat status laik jalan.

“Kita ke Jakarta buka karena kita mengiba-iba atau meminta belas kasihan dari pemerintah untuk segera dilakukan uji emisi. Tapi,kita ke Jakarta karena memang mobil hasil produksi siswa SMK ini layak untuk dilakukan uji emisi,” tegas Jokowi.

Rencananya, Kiat Esemka akan berangkat, Jumat (24/2/2012) pukul 09.00 WIB. Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, pemilik Kiat Motor Sukiat dan anggota DPR Roy Suryo akan ikut di dalam mobil. Kabar terakhir disebutkan, Jokowi tidak bisa ikut dalam perjalanan, dan akan menyusul ke Jakarta, Sabtu (25/2/2012).
(zwr)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment