Pertamina Bidik Pasar Pelumas AS

Bookmark and Share
Pertamina Bidik Pasar Pelumas AS

detail berita
F: ilustrasi

JAKARTA - Pertamina terus memperluas jaringan ekspor pelumas di beberapa negara yang dianggap memiliki potensi besar. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah memasuki pasar Amerika Serikat.
 
"Kami masih berusaha untuk menembus pasar Amerika lewat Seattle. Jika berhasil ini menjadi sebuah kebanggaan karena bahan bakar kita diterima Amerika, ini bisa membuka peluang di negara lain," papar Vice President of Lubricant PT Pertamina Persero, Supriyanto Dwi Hutomo di Jakarta, Senin (6/2/2012).
 
Sampai saat ini kita sudah eksport ke 19-20 negara. Beberapa diantaranya Australia, Jepang, Singapura, Belgia, Myanmar, Pakistan, Uni Emirat Arab dan Spanyol.
 
Untuk pasar Spanyol Pertamina bekerja sama dengan perusahaan lokal. "Di sana (Spanyol) kita akan co-branding, jadi nama pertamina tidak dipakai di sana, mereka pakai merek sendiri," ungkapnya.
 
Sementara itu Pertamina juga gencar melakukan eksport ke Australia Barat. Sebelumnya Pertamina sudah membuka jalur di Melbourne dan Sydney.
 
"Sekarang pasar industri Perth kita masuki tahun ini. Pasarnya hampir sama dengan Indonesia, potensinya 400-500 ribu kl per tahun. Kalau kita dapat kan pasar di sana peningkatan luar biasa," tutupnya.
(ian)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment